Penyakit gigi dan mulut

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

SARIAWAN



1 Definisi Sariawan
Sariawan/stomatitis adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut. Luka ini bukan infeksi dan biasanya timbul dibeberapa bagian rongga mulut seperti pipi,sekitar bibir,lidah atau mungkin juga terjadi di tenggorokan dan langit-langit mulut.

2 Tanda-tanda Sariawan
Awalnya sariawan muncul berupa benjolan kecil,bisa satu buah atau bergerombol. Jika benjolan belum pecah,penderita biasanya tidak merasakan sakit. Jika benjolan telah pecah, timbullah tukak yang terasa sangat nyeri,terutama bila berada di daerah yang mudah terkena sentuhan makanan atau daerah aktif misalnya bibir dan lidah.
Sariawan biasanya dapat sembuh secara spontan dalam kurun waktu 1-2 minggu. Tetapi dapat segera timbul kembali bila penyebab utamanya tidak dihilangkan. Misalnya stress yang terus-menerus. Bahkan bisa saja terjadi tukak yang timbul semakin hari semakin banyak.

3  Faktor-faktor penyebab Sariawan

Sariawan terjadi dengan dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya trauma pada jaringan lunak mulut(selain gigi). Misalnya tergigit atau ada gigi yang posisinya diluar lengkung rahang yang normal sehingga menyebabkan jaringan lunak selalu tergesek(tergigit pada saat makan). Faktor lainnya adalah kurangnya nutrisi,terutana vitamin B12,asam folat dan zat besi. Stress,gangguan hormonal(seperti saat wanita akan memasuki masa menstruasi),gangguan autoimun/kekebalan tubuh juga merupakan factor penyebab sariawan. Penyebab dari sariawan yang lainnya adalah penggunaan gigi tiruan yang tidak pas dan juga faktor keturunan. Pada beberapa orang,sariawan dapat disebabkan karena hipersentivitas terhadap rangsangan antigenic tertentu terutama makanan.

4 Pengobatan Sariawan

Secara tradisional,sariawan dapat diobati dengan berkumur rebusan air daun sirih. Jika memeng diketahui sariawan muncul akibat stress,maka penyembuhan yang paling baik adalah menciptakan keadaan selaras antara kerja,istirahat dan rekreasi yang dapat meredam pikiran berat.
Selain itu perbaiki keadaan nutrisi atau gizi. Sayur-sayuran dan buah-buahan terutama yang berserat tinggi setidaknya dapat memperkuat selaput lender dalam mulut sehingga tidak mudah terluka dan mengakibatkan sariawan.
Kini.banyak digunakan obat-obatan yang di oleskan langsung pada tukak sariawan untuk mengurangi rasa sakit ( seperti gentian violet)  dan merangsang pertumbuhan sel-sel disekitar tukak agar cepat menutup kembali. Bisa pula ditambah dengan obat kumur antiseptik.



Sumber :
Drg. MI. Grace W. Susanto, Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan
Usri, Kosterman, dkk. 2007. Diagnosis dan Terapi Penyakit Gigi dan Mulut. Bandung. Lembaga Studi Kesehatan Indonesia

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :